Malware

Good night everyone ^_^
Let's Reading :)




Virus, worm, trojan, dan bots adalah bagian dari software yang disebut Malware. Kata Malware sendiri dibagi menjadi 2 kata, yaitu Malicious (berbahaya) dan Software (aplikasi/program). Aplikasi yang dibuat dan dirancang dengan tujuan merusak komputer, mengganggu pengguna komputer dapat dikaterogikan ke dalam Malware. Semakin berkembangnya komputer, social media, dan semakin bertambahnya pengguna komputer membuat para kriminal dunia maya menggunakan berbagai cara untuk merusak, atau mengambil keuntungan dari para pengguna yang kurang mengerti akan bahaya yang ada di dalam dunia maya (Internet).


Sebelumnya saya telah sedikit menjelaskan apa saja yang harus dipertimbangkan sebelum kita memilih produk antivirus/antimalware untuk setidaknya melindungi kita dan me minimalkan resiko yang terjadi oleh Malware. Pada kesempatan ini, saya akan sedikit menjelaskan macam-macam Malware.

Penjelasan singkat,
  1. Adware, salah satu Malware yang cukup gampang masuk dan cukup berbahaya. Beberapa Adware menumpang di website yang kita kunjungi atau juga pada saat kita akan mendownload sesuatu.
  2. Spyware, salah satu aplikasi yang mengamati anda setiap anda mengoperasikan komputer, mengamati aktivitas internet anda dengan tujuan untuk mengirimkan Advertising / Iklan (Adware) ke dalam system komputer anda.
  3. Worm, program kecil yang bisa menggandakan dirinya dan mempunyai kemampuan untuk merusak file/data. Beberapa worm bahkan ada yang sampai menghabisi isi data dari sistem operasi yang anda gunakan sampai data di dalam partisi/drive tersebut habis.
  4. Trojan, salah satu dari sekian banyak Malware yang berbahaya. Trojan dirancang dengan tujuan untuk mengambil semua informasi yang anda di dalam komputer yang anda gunakan, mulai dari account, email, berusaha mengendalikan sistem operasi anda secara penuh, dan tujuan lainnya.
  5. Rootkit/Botkit, yang satu ini lebih senang untuk bersembunyi dan menunggu. Jenis ini adalah salah satu jenis yang paling menyebalkan dan paling susah dibandingkan Malware jenis lain untuk di deteksi bahkan dihapus dari sistem. Banyak ahli memberikan rekomendasi untuk sepenuhnya memformat total semua partisi apabila anda memang terinfeksi variant dari jenis ini. Karena jenis ini aktif dan berdiam di kernel-level dan dapat menginfeksi MBR, VBR ataupun Boot Sector, dimana si pembuat memasukan rootkit ke komputer dan menggantikan bootloader yang ada dengan miliknya dan mengendalikannya. Contoh dari jenis ini misalnya, Stoned Bootkit (1987), Alureon (2006). Dilema antara baik dan tidak baik, Windows Loader bekerja hampir serupa dengan bootkit. Dengan cara injeksi ke ACPI SLIC (System Licensed Internal Code) di dalam table cache-RAM di versi BIOS masing-masing yang berjalan sebelum waktu boot dengan tujuan untuk mengakali proses aktivasi windows.
  6. Backdoors, secara kasarnya backdoor hampir sama dengan trojan dan worm. Akan tetapi apa yang dilakukan sebuah Backdoor adalah sebagai pembuka pintu untuk Malware lain masuk ke sistem anda, bisa membuka celah di koneksi jaringan internet anda sehingga memungkinkan kriminal dunia maya untuk mengirimkan Malware yang lain atau pun Spam ke sistem anda.
  7. Keyloggers, merekam semua yang anda ketik pada saat anda menggunakan komputer dengan tujuan untuk mencuri credentials. User account, password,dan informasi yang sensitive yang lainnya. Kadang keyloggers dipakai oleh pengguna rumahan atau orang tua atau bahkan perusahaan untuk mengamati pengguna yang lain, apa yang mereka lakukan selama mereka menggunakan komputer.
  8. Rogue security software/Rogueware, jenis yang satu ini dibuat memang untuk membuat panik atau bingung pengguna yang berpura-pura menjadi aplikasi yang membantu pengguna, mulai dari yang membersihkan registry, mempercepat kinerja komputer, dapat membuang semua jenis infeksi Malware. Tapi pada aslinya dirinya sendiri lah yang sebenarnya Malware.
  9. Ransomware, jika anda pernah melihat, atau membaca peringatan atau notifikasi pesan pada saat anda menggunakan komputer yang mengatakan bahwa file anda atau bahkan komputer anda dikunci demi keamanan sampai anda membayar aplikasi tersebut maka anda menjadi salah satu korban Ransomware.
  10. Browser Hijackers, yang terakhir dan ini yang paling sering tidak disadari oleh para pengguna. Browser Hijackers, sesuai dengan namanya jenis ini ditujukan untuk membajak browser yang ada di komputer anda dengan mengganti homepage di semua browser yang ada. Jenis ini biasanya menumpang dengan instalasi aplikasi lain, misalnya AVG toolbar yang secara default akan ter install apabila anda melakukan instalasi antivirus avg free edition. Memang tidak semua Browser Hijacker berjenis toolbar ini berbahaya, tetapi jangan dianggap remeh. Toolbar ini bisa menjadi salah satu jalan masuk bagi Malware lain, dengan menganti homepage di browser anda dan me redirect apa yang anda cari ke website yang berisi Malware yang lainnya. Sebagai contoh dari beberapa jenis Browser Hijackers misalnya, Sweet-Page, Conduit, CoolWebSearch, DeltaSearch, MyStart, Babylon, dan lain sebagainya.

Contoh dari Rogueware dan Ransomware :

Rogueware:

http://www.2-spyware.com/images/parasites/snapshot/antivirus-pro-2010.jpg

http://www.southernmarylandcomputerrepairs.com/fake_antivirus_pro_2010_security2.jpg

Ransomware:

http://blog.jupitersupport.com/wp-content/uploads/2012/12/greendot-moneypak-200.png

http://blog.vilmatech.com/wp-content/uploads/2013/11/australian-federal-police-ukash-virus1.jpg


Memang dengan berkembangnya internet, bertambah pula celah untuk para kriminal dunia maya atau orang yang memanfaatkan kelalaian pengguna melakukan aksinya. Dari sekedar mengganggu, mengambil keuntungan baik berupa sekedar user/password sampai keuntungan material, sampai merusak komputer yang digunakan.

Kita tidak tahu dan tidak bisa memprediksi apalagi menghalangi jenis Malware berikutnya atau bagaimana cara kerja Malware yang bisa muncul besok, yang bisa kita lakukan adalah berusaha untuk selalu berhati-hati, berusaha mengantisipasi dimulai dari diri kita masing-masing. Bukan hanya di dunia nyata, tetapi seiring minat dari orang untuk menggunakan komputer untuk kegiatan dan pekerjaan sehari-hari akan semakin banyak pula celah yang bisa dimanfaatkan.

Apa yang saya tulis mungkin banyak kesalahan, dan kekurangan. Tapi semoga apa yang saya jelaskan setidaknya bisa menjadi gambaran anda sebagai orang yang mungkin aktif menggunakan komputer dan aktif dalam menggunakan internet untuk kegiatan sehari-hari.

Share this